Sulsel targetkan 250 ribu hektare lahan beririgasi


10 Oktober 2018 | Bagikan

videomax package

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) bakal mendirikan dua perusahaan daerah (perusda) di bidang energi sumber daya mineral (ESDM).

Kepala Dinas ESDM, Gunawan Palaguna menjelaskan, dua perusda tersebut sektor pertambangan dan listrik. Keduanya ditarget terbentuk akhir tahun ini dan mulai berjalan 2019 mendatang.

"Syarat untuk mendapatkan PAD harus dibentuk perusda tambang. Kan ada dua nau dibentuk, listrik dan tambang. Terus mengenai teknis masih mau dibicarakan. Sementara disusun," beber Gunawan, Minggu (23/9/2018).

Pendirian perusda baru ini dikatakannya bertujuan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Apalagi, selama ini PAD saat ini lebih banyak hadir di sektor pajak kendaraan saja.

"Selama ini kan kita punya pendapatan hanya di (pajak) kendaraan saja. Padahal ada energi sunber daya alam kita yang bisa dimaksimalkan. Makanya gubernur perhatikan ini tambang. Dulu kan nda terlalu fokus," tambah dia.

Dilanjutkan Gunawan, leading sector pembentukan perusda ini oleh biro perekonomian Sulsel. Sementara Dinas ESDM yang akan membuat peraturan daerahnya. Selain pengelolaan energi listrik, perusda lainnya, akan bergerak fokus pada usaha pengelolaan tambang nikel di Luwu Timur.

Meski begitu, Gunawan tak menampik masih banyak jenis logam lain yang juga diperhatikan, seperti emas, hingga pasir besi. Namun pihaknya masih melakukan pendataan dan pemetaan akan sektor tambang lain.

"Yang jelas tahun ini perusda mau dibangun dan diakomodir di APBD perubahan. Supaya nanti 2019 sudah jalan. Perusda ini tugasnya mendapatkan PAD dari sektor tambang," papar Gunawan kepada SINDOnews.

Sementara Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah menegaskan, anggaran Pemprov harus didorong pada sektor-sektor yang produktif. Pendirian perusda baru sudah saatnya menjadi penyegaran untuk mendorong peningkatan PAD.

"Anggaran ini harus kita dorong ke sektor yang lebih produktif sehingga PAD kita bisa lebih meningkat," imbuh Nurdin. Dia optimistis, pendirian perusda di bidang ESDM sudah tepat mengingat sektor pertambangan masih banyak yang belum dikelola dengan baik.