Pemprov Godok Perusda Baru di Sulsel


11 Oktober 2018 | Bagikan

videomax package

TRIBUN-TIMUR.COM,MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menggodok pembentukan Perusahaan Daerah (Perusda) yang membidangi tentang pertambangan, Minggu (16/9/2018)

Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, di tahap awal ini akan dilakukan kajian, sejauh mana efektivitas kehadiran Perusda ini.

Hal ini dilakukan kata Sudirman, agar terjadi sinkronisasi antara pemerintah dan pihak swasta yang bergerak dibidang pertambangan yang ada di Sulsel.

"Kita baru mulai menggodok, nanti kalau kalau sudah matang barulah dibentuk strukturnya. Jadi bisa ya bisa juga tidak. Kita tak boleh asal buat Perusda juga," kata adik Menteri Pertanian RI Amran Sulaiman ini.

Ia menambahka,n adapun tim yang masuk dalam kajian pembentukan Perusda Pertambagan diantaranya Biro Ekonomi, Biro Hukum, dan Dinas Energ Sumber Daya Mineral (ESDM) Sulsel.

Sebelumnya Gubernur Sulsel Prof HM Nurdin Abdullah berharap Perusahaan Daerah (Perusda) dapat meningkatkan kinerja dan kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD)

Bagi Mantan Bupati Bantaeng ini, Perusda harus menjadi profit center (pusat laba) bagi Pemerintah Provinsi Sulsel melalui PAD. Bukan justru membebani APBD.

"Sekarang ini kebutuhan pembangunan kita terus meningkat, kita beraharap Perusda ini kan menjadi profit center bukan membebani APBD," katanya.

Ia menyebutkan, Pemprov Sulsel yang mempunyai aset cukup banyak seharusnya menghasilkan, profit menjanjikan.

"intinya bagi saya perusda itu cintakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya dan tiada hari tanpa inovasi da kita selalu berpikir bagaimana menghasilkan," Harapnya.

Sedangkan sektor Perusda yang akan dibangun juga masih akan dilakukan pemetaan.

Terutama sektor yang swasta yang tidak masuk. Menurutnya, pada prinsipnya Perusda itu mendorong dan mendukung. (sal)